Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Kota Dumai
 
Picture
Ramadhan adalah bulan penuh berkah, penuh berkah dari semua sisi kebaikan. Oleh karena itu, umat Islam harus mengambil keberkahan Ramadhan dari semua aktifitas positif dan dapat memajukan Islam dan umat Islam. Termasuk dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan pemberdayaan umat. Namun demikian semua aktifitas yang positif itu tidak sampai mengganggu kekhusu’an ibadah ramadhan terutama di 10 terakhir bulan Ramadhan. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan bulan puasa sebagai bulan penuh amaliyah dan aktivitas positif. Selain yang telah tergambar seperti tersebut di muka, beliau juga aktif melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan.


Ibadah Ramadhan yang kita lakukan harus dapat merubah dan memberikan output yang positif. Perubahan pribadi, perubahan keluarga, perubahan masyarakat dan perubahan sebuah bangsa. Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS AR- Ra’du 11).

Berpijak dari keinginan tersebut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1431 H, maka Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Kota Dumai  telah menyelenggarakan Spirit Of Ramadhan Al-Mubarrak (SORAK) yang dharapkan mampu memberikan nuansa Islami kepada masyarakat kota Dumai dalam mengisi bulan suci Ramadhan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain :
1. Workshop Da'i bekerjasama dengan BDI Pertamina RU II Dumai menghadirkan pemateri dari MQ Daarut Tauhid Bandung.
2. Pembuatan Risalah Ramadhan yang berisi fiqih ringkas seputar ibadah Ramadhan. Kegiatan ini disponsori oleh Telkomsel Dumai.
3. Safari Da'wah 1431 H ke beberapa kecamatan di pinggiran kota Dumai. Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh LAZIS PLN Cab. Dumai mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat mengingat susahnya akses syiar da'wah Islam didaerah pinggiran kota Dumai.
4. I'tikaf Ramadhan pada 10 malam terakhir Ramadhan diikuti lebih dari 400 orang.

Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali dimasa yang akan datang sehingga IKADI mampu menebar Islam yang rahmatan lil'alamin. Amiin...



Leave a Reply.